Minggu, 02 Juni 2013

faktor internal dan eksternal analisis swot



FAKTOR INTERNAL DAN EKSTERNAL, ANALISIS SWOT, EFAS, IFAS, MATRIK IE DAN MATRIK SWOT
(PT. SARI ROTI)
NAMA :    1. Aripul                                       (C1100204)
2. Angga Tundra Permana            (C1100271)
3. Euis Aliyanti Permatasari          (C1100174)
4. Yoni Nugraha                           (C1100250)
5. Paul Duran Lamau                    (C1100      )
KELAS          :          B/ V
 MT. KUL      :          MANAJEMEN STRATEGI


INSTITUT MANAJEMEN KOPERASI INDONESIA
TAHUN AJARAN 2011-2012

Faktor internal
1.      Memiliki kualitas yang baik
2.      Rendahnya respon pasar terhadap produk-produk tertentu
3.      Strategi promosi lebih spesifik di lakukan oleh model wanita untuk menarik minat konsumen
4.      Memiliki produk yang unggul di pasaran
5.      Memiliki tim yang professional
6.      Menjalin hubungan baik dengan mitra kerja
7.      Growth omzet penjualan dibawah rata-rata industry
8.      Birokrasi yang panjang karena kebijakan sentralisasi yang menyebabkan unilever Indonesia tidak bias begitu saja memutuskan sesuatu
9.      Memiliki jaringan distribusi sendiri untuk memasarkan produk
10.  Memiliki target pasar yang meningkat pada beberapa produk


Faktor eksternal
1.      Adanya kenaikan biaya bahan baku dan bahan kemasan
2.      Stabilitas ekonomi yang relative baik
3.      Melemahnya daya beli konsumen
4.      Pertumbuhan ekonomi yang kuat di wilayahpulau-pulau seperti Sumatra, Kalimantan, Sulawesi, dan papua
5.      Adanya trend perubahan gaya hidup masyarakat dari produk tradisional-nasional menjadi produk-produk luar negeri
6.      Produk pesaing dengan harga lebih rendah
7.      Memiliki peluang yang besar untuk memasarkan produk kosmetik karena belum banyak pesaing
8.      Maraknya pemalsuan dan penyelundupan produk dari cina
9.      Tingginya tingkat ketergantungan masyarakat akan jenis produk consumer goods
10.  Rendahnya infra struktur yang memadai berupa jalan yang menyebabkan tingginya biaya pemasaran produk.
ANALISIS SWOT

Faktor Internal

Kekuatan
·         Strategi promosi lebih spesifik di lakukanoleh model wanita untuk menarik minat konsumen
·         Memiliki produk yang unggul di pasaran
·         Memiliki tim yang professional
·         Memiliki target pasar meningkat pada beberapa produk
·         Menjalin hubungan yang baik dengan mitra kerja
·         Memiliki jaringan distribusi sendiri untuk memasarkan produk
·         Memiliki kualitas produk yang baik
Kelemahan
·         Rendahnya respon pasar terhadap produk-produk tertentu
·         Birokrasi yang panjang karena kegiatan sentralisasi yang menyebabkan unilever Indonesia tidak bias begitu saja memutuskan sesuatu
·         Growth omzet penjualan di bawah rata-rata industry

Faktoreksternal
Peluang
·         Stabilitas ekonomi yang relative baik
·         Pertumbuhan ekonomi yang kuat di wilayahpulau-pulau seperti Sumatra, Kalimantan, Sulawesi dan papua
·         Memiliki peluang yang besar untuk memasarkan produk kosmetik karena belum banyak pesaing
·         Tingginya tingkat ketergantungan masyarakat akan jenis produk consumer goods


Ancaman
·         Adanya kenaikan biaya bahan baku dan bahan kemasan
·         Melemahnya daya beli konsumen
·         Maraknya pemalsuan dan penyelundupan produk dari cina
·         Rendahnya infrastruktur  yang  memadai berupa jalan yang menyebabkan tingginya biaya pemasaran produk
·         Adanya trend perubahan gaya hidup masyarakat dari produk tradisional menjadi produk luar negeri
·         Produk pesaing dengan harga lebih rendah













Metode IFAS
Faktor strategi internal bobot  peringkat skorter bobot
Faktor Internal

Kekuatan
·         Strategi promosi lebih spesifik di lakukan oleh model wanita untuk menarik minat konsumen
·         Memiliki produk yang unggul di pasaran
·         Memiliki tim yang professional
·         Memiliki target pasar meningkat pada beberapa produk
·         Menjalin hubungan yang baik dengan mitra kerja
·         Memiliki jaringan distribusi sendiri untuk memasarkan produk
·         Memiliki kualita sproduk yang baik

Kelemahan
·         Rendahnya respon pasar terhadap produk-produk tertentu
·         Birokrasi yang panjang karena kegiatan sentralisasi yang menyebabkan unilever Indonesia tidak bias begitu saja memutuskan sesuatu
·         Growth omzet penjualan di bawah rata-rata industry




0.05


0.15
0.20
0.05

0.15

0.05

0.10



0.05

0.05



0.15



2


3
4
2

3

2

4



2

2



3



0.1


0.45
0.8
0.1

0.45

0.1

0.4



0.1

0.1



0.45


Total
1.00

3.05






Metode EFAS
Faktorstrategi internal bobot  peringkat skorterbobot
Faktoreksternal

Peluang
·         Stabilitas ekonomi yang relative baik
·         Pertumbuhan ekonomi yang kuat di wilayah pulau-pulau seperti Sumatra, Kalimantan, Sulawesi dan papua
·         Memiliki peluang yang besar untuk memasarkan produk kosmetik karena belumbanyak pesaing
·         Tingginya tingkat keter gantungan masyarakat akan jeni sproduk consumer goods

Ancaman
·         Adanya kenaikan biaya bahan baku dan bahan kemasan
·         Melemahnya daya beli konsumen
·         Maraknya pemalsuan dan penyelundupan produk dari cina
·         Rendahnya infrastruktur yang memadai berupa jalan yang menyebabkan tingginya biaya pemasaran produk
·         Adanya trend perubahan gaya hidup masyarakat dari produk tradisional menjadi produk luar negeri
·         Produk pesaing dengan harga lebih rendah





0.20
0.05



0.15



0.10




0.05

0.05

0.10

0.10


0.15


0.05




5
4



3



3




4

3

3

2


2


3




1
0.2



0.45



0.3




0.2

0.15

0.3

0.2


0.3


0.15


Total
1.00

3.25




Model strategiperusahaan / matrick IE

Kekuatan bisnis/ posisi kompetitif
                                    tinggi               sedang             rendah
 


growth


Growth


retrenchment


Becarefull


Stability


retrenchment


growth


Growth


retrenchment

            Tinggi
 


           Sedang


           rendah

          

keterangan:
Jadi PT.SARI ROTI berada pada daerah satu yang memiliki kekuatan dan daya tarik tinggi.
          







Matrick SWOT
     Faktor internal








Faktor ksternal
Kekuatan
·         Strategi promos ilebih spesifik di lakukan oleh model wanita untuk menarik minat konsumen
·         Memiliki produk yang unggul di pasaran
·         Memilikitim yang professional
·         Memiliki target pasar meningkat pada beberapa produk
·         Menjalin hubungan yang baik dengan mitra kerja
·         Memiliki jaringan distribusi sendiri untuk memasarkan produk
·         Memiliki kualitas produk yang baik

Kelemahan
·         Rendahnya respon pasar terhadap produk-produk tertentu
·         Birokrasi yang panjang karena kegiatan sentralisasi yang menyebabka nunilever Indonesia tidak bias begitu saja memutuskan sesuatu
·         Growth omzet penjualan di bawah rata-rata industry

Peluang
·         Stabilitas ekonomi yang relative baik
·         Pertumbuhan ekonomi yang kuat di wilayah pulau-pulau seperti Sumatra, Kalimantan, Sulawesi dan papua
·         Memiliki peluang yang besar untuk memasarkan produk kosmetik karena belum banyak pesaing
·         Tingginya tingkat ketergantungan masyarakat akan jeni sproduk consumer goods



Ancaman
·         Adanya kenaikan biaya bahan baku dan bahan kemasan
·         Melemahnya daya belik onsumen
·         Maraknya pemalsuan dan penyelundupan produk dari cina
·         Rendahnya infrastruktur  yang memadai berupajalan yang menyebabkan tingginya biaya pemasaran produk
·         Adanya trend perubahan gaya hidup masyarakat dari produk tradisional menja diproduk luar negeri
·         Produk pesaing dengan harga lebih rendah




1 komentar:

  1. thanks for your information, sangat membantu untuk tambahan tugas :)

    BalasHapus